Silahkan pilih Bahasa yang anda gunakan.

" Manusia adalah Ciptaan yang Paling Sempurna.

Kesempurnaan Manusia adalah Saat Dia Memiliki Kelebihan dan Kekurangan. "

By: Edward Marshal SLTR

REALITA MUSIK ANAK INDONESIA

“MEMBUDIDAYAKAN MUSIK ANAK INDONESIA”
(Membangkitkan Kembali, Mengembangkan, Merawat,
Melestarikan, dan Mewariskan Musik Anak-Anak di Indonesia)


Siapapun yang ditanya mengenai Realita Musik Anak Indonesia saat ini, pasti  jawabannya hampir sama. yaitu memprihatinkan, semakin meredup, hampir punah dan lain sebagainya. Karena memang itu adalah realitanya.

Lantas, Apakah kita harus Peduli dengan Realita Musik Anak Indonesia, dan Apakah itu Penting?
Siapa yang bertanggungjawab tentang hal ini?
Mengapa harus Musik Anak-Anak?
Kapan, darimana, bagaimana memulai untuk membudidayakan musik anakIndonesia ?

Mungkin ini adalah beberapa pertanyaan sederhana yang muncul di benak kita saat mendengar Realita Musik Anak Indonesia.

Cukup memprihatinkan memang, mengingat bahwa musik atau lagu anak-anak yang ada di Indonesia semakin meredup. Oleh karena itu, kita harus peduli dengan perkembangan musik anak Indonesia. Ini penting untuk kemajuan masa depan bangsa. Bagaimanapun juga, anak-anak itu adalah generasi penerus bangsa ini.
Meskipun ini adalah kesalahan kita, yang tidak mewariskan lagu-lagu itu kepada anak-anak, namun tetap saja kita tidak bisa menyalahkan siapa-siapa, apalagi menyalahkan diri sendiri karena terlambat menyadari hal ini. Oleh Karena itu, ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk Membangkitkan Kembali, Mengembangkan, Merawat, Melestarikan, dan Mewariskan Musik Anak-Anak di Indonesia.


Kak Zepe (Penulis Lagu Anak-Anak) juga sependapat tentang hal ini. Baca Artikel Karya Kak Zepe Berikut: "Keterpurukan dan Kebangkitan Musik Anak, Tanggung Jawab Kita"
Mengapa harus musik anak-anak? Kan masih banyak hal-hal lain yang bisa digunakan untuk menumbuhkembangkan kreatifitas dan prestasi anak, misalnya mengembangkan minat mereka di bidang olah raga seperti bermain bola, bidang seni seperti menggambar,  atau Tekhnologi canggih yang bisa memajukan perkembangan tekhnologi, dan  keterampilan-keterampilan lainnya yang bisa memajukan perkembangan bangsa ini?
Memang benar, masih banyak lagi hal-hal lain yang bisa dilakukan untuk perkembangan bangsa ini. tapi tahukah anda bahwa Musik itu mempunyai sebuah kekuatan besar yang special? percayakah anda bahwa  musik bisa menghilangkan rasa lapar? juga bisa membuat yang merem menjadi melek, dan yang melek menjadi merem haha… :D, 

Buktinya adalah saya suka lupa untuk makan siang atau malah ketiduran karena mendengar musik, tergantung genre atau jenis aliran musiknya sih.  Hahaha......  Tetapi sebaiknya jangan di tiru.  


Tapi itu adalah menurut saya, akan lebih baik tentunya pendapat para pakar atau ahli peneliti yang mengatakan bahwa musik berpengaruh terhadap pertumbuhan makhluk hidup, dan perkembangan otak serta karakter  manusia.
Apalagi anak-anak, karena apa yang mereka lihat dan dengar, itulah yang akan mereka lakukan.

Lagu anak-anak itu pada umumya mendidik mereka untuk memiliki rasa hormat kepada orang yang lebih tua, menghargai, dan menyayangi orang lain juga lebih siap dan lebih matang menghadapi hidup. seperti lagu “Kasih Ibu”, yang menggambarkan betapa besarnya kasih seorang Ibu, jarang sekali dan bahkan hampir tidak pernah terdengar lagi. Lagu Pelangi-Pelangi, Balonku Ada Lima, Dan Lihat Kebunku yang mengajarkan anak-anak mengenal berbagai macam warna, berhitung, dan mengagumi Ciptaan Tuhan, juga lagu “Bangun Tidur” yang mengajarkan anak-anak menjadi mandiri untuk menggosok gigi dan membersihkan tempat tidur. Atau mungkin lagu-lagu nasional yang bisa mengajarkan mereka untuk mencintai tanah air Indonesia dan menghormati jasa-jasa pahlawan yang membela Negara Indonesia.
Bukan seperti lagu orang dewasa yang sebagian isinya tentang kisah percintaan orang dewasa.
Menurut saya, Anak-anak terlalu dini untuk mengerti hal ini.
Memang lebih baik untuk mengenalkan cinta kepada anak-anak sedini mungkin, agar mereka mengerti dan memiliki rasa cinta sehingga mereka dipenuhi oleh cinta, tapi yang saya maksud disini adalah cinta kepada orang tua, keluarga, teman-teman dan semua orang-orang yang berinteraksi sosial dengannya, serta mencintai dunia dan segala isinya yang merupakan ciptaan Tuhan. Karena cinta itulah yang akan menjadi modal mereka di kemudian hari saat mereka menjadi pemimpin atau pejabat di Negara ini. Mereka pasti akan mencintai bawahan dan rakyatnya.
Untuk Membangkitkan Kembali, Mengembangkan, Merawat,  Melestarikan, dan Mewariskan atau membudidayakan musik anak Indonesia, kita bisa mulai dari sekarang juga,  dari diri kita sendiri atau keluarga kita dengan cara yang paling sederhana, yaitu dengan memutarkan lagu anak-anak dirumah. sekarang jaman sudah canggih, handphone sudah bisa dipakai untuk memutar musik. Juga komputer, laptop, netbook, i-pad, dan alat-alat elektronik pemutar musik lainnya seperti Tape, CD dan DVD player.
Jika anda menggunakan CD atau DVD Player, ingat untuk membeli produk kaset yang asli, itu tandanya anda menghargai dan mencintai musik produk Indonesia dan sedikit banyaknya, mempengaruhi perkembangan pertumbuhan perekonomian Negara kita.

Tapi, bahkan lebih bagus lagi kalau anda yang menyanyikan nya sendiri, seperti yang dulu pernah saya lakukan ketika adik-adik saya masih kecil, saya menyanyikan lagu Nina Bobo dan Pok Ame-Ame untuk adik saya yang sedang mau tidur atau sedang menangis untuk mendiamkannya.. Hahaha….  Lucu rasanya mengingat itu, ironisnya saya tidak bisa mengingat, apakah saya pernah diperlakukan seperti itu. Apa kalian bisa mengingat bahwa ketika kalian masih kecil, ada yang menyanyikan lagu itu untuk kalian?

2 komentar:

19 April 2012 pukul 10.59
@nonaedda mengatakan...

siip mantap deh :D
mudah2an dengan semakin banyak yg berpartisipasi musik anak indonesia akan cerah lg :D

19 April 2012 pukul 12.44
Edward Marshal Sihombing mengatakan...

yupz, betul non...
sama anak-anak nya juga punya masa depan yang cerah... :D

Posting Komentar

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak berupa komentar yang bersifat membangun.

Ini adalah Blog Pribadi. Difungsikan untuk Belajar dan Berbagi Pengetahuan. APALAH GUNANYA ILMU JIKA TIDAK UNTUK DI BAGI.